Juni 13, 2019

Produk Unggulan

Makanan Tradisional Khas Bengkulu

1. Lempuk Durian

Jalan-jalan ke Bengkulu, Toppers pasti akan banyak menemukan Pohon Durian. Tidak heran jika banyak olahan makanan khas Bengkulu berbahan dasar Durian. Contohnya seperti kuliner tradisional Bengkulu yang satu ini.

Lempuk durian adalah olahan makanan khas Provinsi Bengkulu yang mirip seperti dodol dan berbahan tepung gandum dan buah durian. Jika ingin mencicipinya, datang saja ke Bengkulu di jalan Soekarno Hatta! Toppers akan banyak menemukan toko yang menjual Lempuk, atau dapatkan makanan khas Bengkulu ini secara online di Tokopedia.

2. Kue Tat

Kuliner tradisional Khas Bengkulu
Sumber gambar; Tokopedia

Kuliner khas Bengkulu satu ini tergolong makanan yang mewah karena dulu kue ini hanya disajikan untuk Raja dan kalangan ningrat. Tapi sekarang Toppers bisa menemukan Kue Tat lebih mudah karena sudah banyak dijual di toko-toko atau disajikan oleh Masyarakat Bengkulu di kala hari raya Idul Fitri.

Kue khas Bengkulu ini juga disajikan dalam ukuran kecil seperti biskuit dan dikenal dengan nama Kue Anak Tat. Dengan cita rasa manis, gurih, dan empuk, Toppers wajib mencoba kue khas Bengkulu satu ini!

3. Pendap

Makanan Khas Bengkulu
Sumber gambar: Tokopedia

Masyarakat Bengkulu pasti setuju kalau Toppers harus coba masakan khas Bengkulus ini saat singgah ke Provinsi Bengkulu. Pendap adalah makanan tradisional masyarakat Bengkulu berbahan dasar ikan yang dikombinasikan dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, cabe giling, kencur, dan kelapa parut muda. Disajikan dengan bungkusan Daun Talas, Kuliner khas Bengkulu akan sangat nikmat dimakan bersama dengan nasi putih hangat.

4. Gulai Kemba’ang

Makanan Khas Bengkulu
Sumber gambar: Jelajah Indonesia

Gulai Kemba’ang adalah salah satu makanan tradisional khas Bengkulu yang populer, apalagi di Kabupaten Mukomuko.  Gulai ini dibuat dari iga sapi yang dimasak dengan bumbu khas Bengkulu. Kamu akan banyak menemukan makanan tradisional khas Bengkulu ini di waktu lebaran atau Bulan Ramadhan.

5. Tempoyak

Oleh-oleh Khas Palembang
Sumber gambar: Wikimedia

Makanan khas Bengkulu olahan dari Durian lainnya adalah Tempoyak. Berbahan dasar fermentasi buah durian, Tempoyak yang terkenal di Bengkulu biasa diolah dengan ikan patin. Rasa unik dan lezatnya Tempoyak ini harus kamu coba kalau kamu sedang berlibur ke Bengkulu! Kuliner khas Bengkulu ini juga populer di daerah-daerah Sumatera lainnya seperti Jambi dan Sumatera Selatan.

6. Bagar Hiu

Makanan Khas Bengkulu
Sumber gambar: Pemerintah Provinsi Bengkulu

Ya, benar! Sesuai dengan namanya makanan tradisional Bengkulu ini terbuat dari Daging Hiu, Hiu Tanduk lebih tepatnya. Tapi jangan khawatir, Hiu-nya tidak akan bisa melawan ketika Toppers santap karena sudah disajikan nikmat diatas piring dengan bumbu cabai dan rempah lainnya.

Kabarnya, ketika Presiden Sukarno diasingkan pada tahun 1938 hingga 1942, Bagar Hiu adalah salah satu makanan tradisional khas Bengkulu favorit Presiden, lho!

7. Kue Lepek Biniti

Kuliner Khas Bengkulu
Sumber gambar: Masakan Dapurku

Sekilas makanan tradisional Bengkulu ini mirip dengan kue tradisional Nagasari. Namun kue dengan balutan Daun Pisang yang akan sering Toppers temui di Bengkulu pada Bulan Ramadhan ini memiliki komposisi yang berbeda yaitu tepung ketan, garam, santan, daun salam, lengkuas dan bahan-bahan lainnya.

8. Rebung Asam Undak Liling

Makanan Khas Bengkulu
Sumber gambar: Sumber

Makanan tradisional khas Bengkulu paling mantap dan digemari. Terbuat dari keong hitam dan bambu muda yang biasa disebut rebung. Proses pembuatannya cukup lama dan masih tradisional karena harus direndam selama beberapa hari agar rasa asam dari rebung bisa keluar. Setelah direndam, rebung tersebut akan dimasak bersama liling atau keong hitam yang biasa hidup di sawah.

Dengan cita rasa unik, makanan tradisional asal Bengkulu ini wajib Toppers cicipi.

9. Mie Terbang

Kuliner Tradisional bengkulu
Sumber gambar: Kompas

Mie terbang ini sebenarnya tidak se-tradisional makanan khas Bengkulu lain dalam daftar, tapi makanan mie tek-tek ini populer dari sebuah restoran di Bengkulu, tepatnya di Tempat Makan Kekinian milik Salman yang beralamat di Jalan Rafflesia, Kota Bengkulu. Dengan harga Rp 15.000, Toppers sudah bisa mencicipi mie tek-tek yang melayang ini.

10. Lemang Tapai

Makanan Khas Bengkulu
Sumber gambar: Pemerintah Provinsi Bengkulu

Lemang tapai adalah makanan tradisional khas Bengkulu yang berbahan dasar beras ketan dan santan. Setelah Lemang matang dengan cara dibakar di atas bara api dalam seruas bambu muda, tapai ketan hitam dibubuhkan sebagai pelengkap penyajian.

Selain dengan tapai, Toppers bisa saja mencicipi kuliner tradisional Provinsi Bengkulu ini dengan Durian.  Makanan tradisional khas Bengkulu yang rasanya gurih dan bertekstur legit ini pasti akan membuatmu ketagihan!

11. Gulai Pisang

Makanan Khas Bengkulu
Sumber gambar: Okezone

Masyarakat Bengkulu memang kreatif masalah hidangan kuliner. Bagaimana tidak? Pisang yang biasa diolah sebagai manisan atau langsung disantap begitu saja, oleh Masyarakat Bengkulu Pisang dapat diolah menjadi masakan berupa gulai. Jika bosan dengan menu olahan pisang yang monoton, datanglah ke Bengkulu dan coba rasa manis gurihnya Gulai Pisang khas Bengkulu ini!

12. Kopi Bengkulu

Selain makanan, Bengkulu punya Kopi yang tidak kalah populer. Bengkulu yang merupakan bagian dari tanah subur Pulau Sumatera ini memiliki cita rasa kopi yang khas. Rasa Kopi Bengkulu akan berbeda dengan kopi biasanya tergantung dari tingkat roasting dan rasio air-kopi yang sesuai selera racikan kopimu.

13. Lema

Makanan asak Bengkulu ini  sekilas mirip dengan Tempoyak. Bedanya, kalau Tempoyak berasal dari fermentasi buah durian, lema diolah dari fermentasi adonan rebung atau bambu muda cincang yang dicampur dengan ikan air tawar.

Cita rasa asam dan aroma kuliner khas Bengkulu yang kuat, membuat Lema menjadi makanan tradisional khas Bengkulu terfavorit apalagi jika dijadikan lauk makan nasi dengan lalapan.

14. Kue Perut Punai

Makanan Khas Bengkulu
Sumber gambar: Tokopedia

Burung Punai adalah burung yang tergolong dalam famili Columbidae. Konon, isi perut Burung Punai mirip bentuknya dengan bentuk kue berbahan dasar beras, gula, garam, dan tepung ini. Rasanya sih manis gurih, cocok untuk dijadikan camilan dikala lapar meradang