Juni 13, 2019

Kabupaten Seluma

Kabupaten Seluma adalah salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu dengan kotanya Tais terbentuk berdasarkan UU No. 3, Tahun 2003, penduduknya sekitar 297.876 jiwa dengan komposisi 145.180 jiwa (laki-laki) dan 129.187 jiwa (perempuan). Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Selatan Bahasa yang digunakan adalah bahasa suku Serawai.

Dulunya kabupaten ini masuk dalam kabupaten tertinggal sebab berpenduduk sedikit dan belum sama sekali berkembangnya potensi unggulan daerah, tetapi sejak tahun 2008kabupaten ini bukan lagi kabupaten tertinggal karena padi adalah potensi unggulan kabupaten ini. Sebab itu di setiap Kecamatan kebutuhan padi, beras, dan kebutuhan pangan sudah mencukupi.

Selain padi, potensinya juga pada sektor perikanan yang menjadi penghasilan utama masyarakat sekitar yang berada di pinggir pantai seperti kecamatan Pinoraya, Pantai Seluma, Dan lain-lain. Adapun makanan khas kabupaten ini adalah Gulai Remis, Rebung Asam Umbut Lipai Dan lain-lain[4]. Tari adatnya adalah tari “Andun”[5

Follow by Email
Facebook
Twitter
Instagram