Juni 13, 2019

Pariwisata

Daftar tempat wisata di Kabupaten Kaur :
>Pantai Laguna Ujung Lancang Samudera
Objek wisata Pantai Laguna Ujung Lancang Samudera merupakan pantai yang memiliki daya tarik berupa pantai indah, landai berpasir putih. Pantai yang merupakan objek wisata andalan pariwisata Kabupaten Kaur ini telah menjadi tujuan wisata wisatawan lokal baik dari Bengkulu maupun dari Propinsi Lampung yang memang dekat perbatasan Propinsi lampung ini. Fasilitas yang tersedia berupa shelter, toilet dan bangunan seni. Kedepannya objek wisata pantai ini akan dijadikan wisata uggulan yang diharapkan akan menarik lebih banyak lagi pengunjung.
>Pantai Linau
Objek wisata Pantai Linau terletak di sisi jalan lintas Kaur menuju Lampung yang berjarak sekitar 20 Km dari pusat Kota Bintuhan. Daya tarik wisata berupa teluk dengan pantai berpasir putih dan pemandangan bawah laut. Tidak jauh dari lokasi pantai terdapat juga situs benteng peninggalan Inggris yang dikenal dengan Benteng Linau. Fasilitas yang tersedia berupa shelter, warung-warung makan dan jalan aspal ke lokasi pantai.
>Pantai Way Hawang
Objek wisata Pantai Way Hawang di Desa Way Hawang dan Pantai Linau di tepi jalan lintas Bengkulu-Lampung yang memiliki pasir putih dan merupakan teluk sehingga airnya tenang dan bersih. Obyek wisata pantai ini terletak di Way Hawang antara Bintuhan dengan Merpas. Disamping pantainya yang indah disini terdapat Objek Batu Jung yaitu batu karang yang berbentuk seperti kapal/perahu ditepi Pantai Way Hawang Kecamatan Maje Kabupaten Kaur.

>Pantai Hili Kaur
Pantai Hili terletak di Kecamatan Semidang Gumay, Kabupaten Kaur, Berbeda dengan pantai lainnya yang berpasir, Pantai Hili dipenuhi oleh batu kali yang berbentuk bulat/lonjong sehingga enak untuk di injak. Di tapak kaki tidak terasa sakit.

>Pantai Pelabuhan Pasar Lama
Pantai ini terletak di pusat kota Bintuhan dan dulunya merupakan pelabuhan laut yang dibuka sejak zaman penjajahan Belanda. Pelabuhan Pasar lama sebagai pelabuhan perdagangan yang mengangkut hasil hasil bumi dan rempah2an keluar Kota Bintuhan . Pelabuhan Pasar Lama ini dulunya disinggahi oleh Kapal kapal maskapai Belanda seperti KPM , Pelni dll yang melalui route dari Padang Ke Bengkulu dan kembali Ke jakarta.

>Pantai Manungla
Pantai yang terletak di Nasal. Pantai berbentuk seperti pulau kecil yang ditumbuhi rumput. Berada di Kecamatan yang sama dengan Air Terjun Perpah, yakni Kecamatan Nasal juga memiliki pantai yang cukup unik. Mungkin terlihat biasa seperti pantai-pantai pada umumnya, pasirnya putih air lautnya yang biru. Tetapi ada yang istimewa ketika kamu mengunjungi Pantai Manungla, yakni adanya pulau karang yang menjulang begitu tinggi tepat di pinggir pantai. Tebing yang ditumbuhi semak yang hijau ini semakin terlihat begitu indah ibarat pohon batu yang memiliki daun. Tebingnya juga sangat memungkinkan bagi pecinta panjat tebing, bisa merasakan sensasi memanjat tebing di tengah pantai. dan yang pasti hanya pemanjat professional dengan peralatan yang cukup mumpuni pastinya. Bagi wisatawan ketika berkunjung di tempat wisata di Bengkulu ini sudah pasti spot selfie yang istimewa yang ada di Kabupaten Kaur.
>Pantai Bunga Karang
Pantai Bunga Karang ini terletak di desa Bakal Makmur Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Dilokasi pantai uniknya juga terdapat “Air Terjun Akar” yakni Air Terjun yang menyerupai akar dan juga terdapat “karang Yang Berbentuk Buaya Dan Harimau” Konon menurut cerita bahwa dahulu Buaya dan Harimau sedang berkelahi Dan kemudian menjadi batu.

>Pantai Air Long
Pantai Air Long terletak di Desa Air Long, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

>Pantai Teluk Beringin
Pantai Teluk Beringin di Desa Tanjung Bulan, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

>Pantai Sulau Wangi
Pantai Sulau Wangi terletak di Kecamatan Tanjung Kemuning, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

>Pantai Muara Sambat
Pantai Muara Sambat terletak di Desa Bakal Makmur, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur, Bengkulu. Di Pantai Muara Sambat ini terdapat muara sungai yang cukup besar yang dinamakan sungai sambat atau sebagai orang menyebutnya air jawe

>Pantai Cukuh
Pantai Cukuh, Bintuhan, Kabupaten Kaur  yg merupakan tempat menara mercu suar sejak zaman Belanda. Menarik nya pantai pantai didaerah ini di sepanjang pantai selain ditumbuhi oleh pohon kelapa milik penduduk setempat juga terdapat trumbu karang dengan aneka ragam tumbuhan karang dan ikan karang yg menjadi objek nelayan bagi masyarakat setempat.

>Pantai Sekunyit
Pantai Sekunyit terletak di bagian selatan kabupaten kaur tepatnya di desa sekunyit kecamatan kaur selatan kabupaten kaur. Ketika kamu berada di Pantai Sekunyit kamu bisa melihat secara langsung aktifitas para nelayan yang ada di Pantai Sekunyit. Dan memang pantai ini juga merupakan pantai nelayan, atau bersandarnya kapal-kapal nelayan. Sangat mengasyikkan sebetulnya, kamu bisa juga selfie dengan background kapal nelayan ketika senja, akan terlihat lebih eksotis. Selain sajian pasir putih dan birunya air laut, Pantai Sekunyit ini juga merupakan tempat pelelangan ikan. Jadi ketika kamu berkunjung di tempat wisata di Bengkulu ini sempatkan saja untuk berburu hasil laut yang masih segar di TPI Pantai Sekunyit. Lokasi wisata Pantai Sekunyit ini berada di Desa Sukaraja, yang masih di wilayah Kecamatan Tetap.

>Pantai Air Langkap
Sebagian besar Pantai Air Langkap ini memang bebatuan karang, tapi bukan berarti pantai ini tidak layak dikunjungi. Justru tempat wisata di Bengkulu ini menjadi spot fotografi yang sangat istimewa. Bebatuan karangnya, serta pepohonan kelapa yang berjajar sangat rapi bisa menjadi background selfie maupun fotografi yang sangat unik. Dan Pantai Air Langkap ini juga bisa menjadi spot paling cocok buat merasakan sensasi strike dari ikan-ikan karang yang banyak menghuni di bebatuan karang. Menghabiskan senja di pantai di Kabupaten Kaur ini seperti cukup romantis, apalagi ditemani kekasih tercinta, akan menjadi momen kehidupan tak terlupakan. Lokasi Pantai Air Langkap ini berada di Desa Air Langkap, yang masih berada di wilayah Kecamatan Kaur Tengah.

>Pantai Tanjung Pandan
Kondisi daerah bibir pantai di Tanjung Pandan Kecamatan Kaur Tengah semakin memprihatinkan. Abrasi membuat bibir pantai mengalami kerusakan semakin parah. Kondisi tersebut membuat desa Tanjung Pandan semakin menyempit, bahkan juga mengancam jalan provinsi.

>Pantai Aluran Pandan
Seakan memiliki segalanya, pasirnya yang putih, pepohonan kelapa yang tampak berjajar rapi, bebatuan karang yang menghiasi pantai begitu komplit pesona dari Pantai Aluran Pandan. Belum lagi air lautnya yang berwarna biru yang berpadu dengan nyiur melambai menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan alam. Adanya lahan rerumputan nan hijau di bawah pohon kelapa menjadi tempat bersanti bareng keluarga smebari menikmati minuman es kelapa muda, sungguh nikmati rasanya. Tempat wisata di Bengkulu ini berada di Desa Pajar Bulan, Kecamatan Kaur Tengah.

>Pantai Harapan
Untuk destinasi wisata berikut ini memang sangat minim akan pasir pantai, karena pinggir pantai dibangun dam dan serasa seperti pelabuhan. Meskipun minim pasir pantai, tapi bukan berarti tidak bisa dinikmati, bahkan ketika kamu di Pantai Harapan kamu bisa bersantai duduk di atas dam sembari menikmati keindahan pantai. Waktu yang paling pas memang ketika hari mulai senja, menikmati sunset ditemani kopi hangat akan lebih terasa nikmat. Tempat wisata di Bengkulu ini selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa menikmati sajian kuliner Tongseng Sido Mampir yang cukup menggugah selera.

>Sungai Padang Guci
Sungai Padang Guci adalah sungai dari mata air perbukitan Ulu Ayi Cancap. Sungai Padang Guci sangat panjang dan luas dari Palak Genting sampai ke Muare Padang Guci, kira-kira panjangnya 30 Km. Sungai Padang Guci sangat penting bagi masyarakat Padang Guci karena ini merupakan sumber irigasi, untuk perairan persawahan masyarakat Padang Guci. Terdapat juga berbagai macam air terjun.

>Air Terjun Kembar
Letak Objek Wisata ini terletak di Desa Tebing Rambutan, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur. Objek ini adalah paduan dari objek wisata pantai dan air terjun, karena objek Air Terjun ini terletak tepat di tepi pantai, jadi wisatawan dapat menikmati keindahan alam multi fenomena. Tinggi Objek wisata ini berkisar 50 M +, yang berjejer 2 buah sekali gus. di bawah 2 air terjun ini juga terdapat air yang menyerupai danau sehingga pengunjung juga dapat melakukan aktivitas mandi di bawah air terjun kembar ini.

>Air Terjun Tujuh Tingkat
Sesuai dengan namanya Air Terjun Bertingkat terdiri dari tujuh tingkatan. Letaknya sangat dekat dari Air Terjun Campuhan. Terletak di Desa Bukit Indah, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur. Berjarak sekitar 34 Km dari Kota Bintuhan, ibukota Kabupaten Kaur dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dengan berkendaraan. Dari Kota Bintuhan arahkan kendaraan ke selatan atau ke arah Propinsi Lampung dengan melewati Kecamatan Maje hingga tiba di Desa Bukit Indah. Setelah sampai di lokasi parkiran perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melewati anak tangga yang naik turun kurang lebih 20 menit hingga tiba di lokasi air terjun berada.
>Air Terjun Cughup Suromeka
Air Terjun Cughup Suromeka adalah salah satu air terjun yang memiliki ketinggian 10 meter di Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Saat Anda ingin memasuki kawasan Air Terjun ini, Anda akan disambut oleh deretan pohon yang masih alami dan Sebuah batu bersejarah yang dinamakan Prasasti Telapak Kaki.

>Air Terjun Batu Rigis
Inilah perosotan atau seluncuran alami dengan airnya yang cukup deras dan kolamnya yang cukup luasdengan kedalaman yang sedang akan semakin memanjakan setiap wisatawan yang datang. Lokasi Air Terjun Batu Rigis ini berada di ketinggian 600 mdpl dan berada di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Jadi udaranya cukup sejuk dan yang pasti sangat bebas dari yang namanya polusi. Namun untuk menuju lokasi tempat wisata di Bengkulu ini membutuhkan waktu setidaknya 4 jam perjalanan dengan berjalan kaki. Memang sangat disarankan menggunakan pemandu dan juga harus nge-camp di area Air Terjun Batu Rigis. Lokasi Air Terjun Batu Rigis ini masih berada di wilayah Kecamatan Padang Guci Hulu, tepatnya di Desa Bungin Tambun III.

>Air Terjun Cancap
Masih belum begitu banyak traveler yang mengetahui air terjun ini karena memang untuk menuju ke Air Terjun Cancap setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Dan perjalanan harus ditempuh dengan berjalan kaki, melewati perkebunan penduduk dan juga menelusuri sungai. Lokasinya yang berada di dalam kawasan Hutan Lindung Raje Mendare membuat perjalanan kamu tidak akan membosankan. Air Terjun Cancap ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan berada di ketinggian 100 mdpl. Didukung dengan kolamnya yang cukup lebar dan juga keasrian alamnya yang masih sangat terjaga, membuat tempat wisata di Bengkulu ini destinasi favorit bagi traveler yang suka berpetualang. Lokasi Air Terjun Cancap ini berada di Hutan Lindung Raje Mendare yang berada di wilayah Kecamatan Padang Guci.

>Air Terjun Napalan
Biasa dikenal dengan sebutan Cughup Napalan ini berada di Kecamatan Kaur, tepatnya di Desa Cokoh Enau. Yang paling menarik ketika hendak mengunjungi tempat wisata di Bengkulu ini adalah ketika di perjalanan dan dijamin kamu tidak akan bosan. Mulai dari melewati perkebunan kelapa sawit, areal persawahan, dan juga Sungai Padang Guci dengan keunikan jembatan gantungnya, bisa menjadi spot selfie sebelum ke Air Terjun Napalan. Hanya membutuhkan tidak lebih dari 30 menit dari Desa Cokoh Enau, kamu sudah sampai di air terjun dengan ketinggian 7 meteran dengan kolamnya yang cukup dalam denga airnya yang sangat jernih. Meski tidak begitu besar debit airnya, tapi air terjun ini cukup unik, karena memiliki beberapa tingkatan yang memungkinkan kamu untuk mendakinya dan selfie di atas air terjun.

>Air Terjun Nunung
Air Terjun Nunung berada di Muara Sahung Kabupaten Kaur. Jika Jogja punyai Air Terjun Sri Gethuk begitu juga dengan Kabupaten Kaur yang punya Air Terjun Nunung yang sama-sma memiliki kontur yang agak landau. Ait terjun yang berundak-undak dan memiliki banyak tingkatan ini akan memanjakan kamu dengan gemericik air segarnya. Akan banyak pilihan ketika berada di Air Terjun Nunung, menikmati guyuran dari tiap tingkatan atau berendam di kolam, atau bahkan keduanya. Akan menjadi pengalaman pikinik yang luar biasa pastinya. Dan yang pasti di tempat wisata di Kaur ini suddah pasti selfieable banget. Lokasinya berada di Desa Tri Tunggal Bakti yang berada di dalam Kecamatan Muara Saung.

>Air Terjun Curug Perpah
Tempat wisata di Bengkulu tepatnya di Desa Tebing Rambutan, Kecamatan Nasal ini cukup unik, dalam satu tebing yang cukup tinggi ada 3 air terjun sekaligus. Meskipun yang keduanya tidak terlalu besar airnya ketika musim kemarau, tapi inilah pesona indah dari Air Terjun Perpah. Tebingnya yang cukup terjal dan dihiasi tanaman yang hijau semakin terlihat seperti lukisan alami yang nyata. Bahkan bagi pecinta panjat tebing, ini sangat memunginkan untuk dipanjat dan memberikan tantangan tersendiri ketika memanjat tebing bersebelahan dengan air terjun.kolamnya yang begitu luas dan tidak terlalu dalam bisa menjadi spot istimewa menikmati kesegaran Air Terjun Perpah.

>Air Terjun Tiga Panggung
Meski di dalam Kecamatan yang sama dengan Air Terjun Nunung, yakni Kecamatan Muara Saung tapi pesonanya sangat berbeda. Air Terjun Tiga Panggung memiliki tiga air terjun dalam satu lokasi yang satu sangat rendah dan yang keduanya memiliki ketinggian layaknya air terjun dengan ketinggian di atas 10 meteran. Kesan yang masih begitu alami sangat melekat dengan Air Terjun Tiga Panggung ini, bahkan masih banyak kayu-kayu yang terseret arus yang berada di bawah air terjun. Adanya kayu-kayu semakin menambah naturalnya tempat wisata di Kaur ini. Rindangnya pepohonan nan hijau dan bongkahan bebatuan besar di pinggir kolam semakin memanjakan wisatawan yang ingin berendam di kolam alami.

>Air Terjun Curug Nibung
Air Terjun Curug Nibung Dusun Trans Desa Tanjung Agung Kecamatan Tetap, Kabupaten Kaur.

>Gunung Patah
Gunung patah masih menjadi misteri, apakah merupakan gunung vulkanik yang membahayakan atau hanyalah gunung api purba, kerapatan vegetasi memperkaya ragam jenis satwa liar.
>Danau Kembar
Kaur memiliki wisata Danau Kembar yang terletak di Desa Suka Menanti, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur. Jarak dari pusat kota menuju Danau Kembar 24 Km. Danau ini memiliki 2 keindahan sekaligus, pertama mempunya Danau Kembar yang indah dan kedua mempunyai pantai yang biru dan sangat sejuk.

>Danau Tumutan Tujuh
Inilah danau yang ada di Kabupaten Kaur yang memiliki ketinggian 2508 mdpl. Danau Tumutan Tujuh ini menjadi spot favorit para pendaki Gunung Patah sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak. Kesan alami begitu melekat di Danau Tumutan Tujuh, karena memang hanya para pecinta alam dan juga pendaki saja yang mengunjungi danau yang berada di bawah Gunung Patah ini. Berada di kawasan Hutan Lindung Raje Mendare membuat danau ini dikelilingi pepohonan besar bak lukisan yang menghijau. Tempat wisata di Bengkulu ini memang bisa menjadi spot memancing atau hanya sekedar nge-camp menikmati keindahan alam tanah Bengkulu, tepatnya di kawasan Hutan Lindung Raje Mendare dan di bawah Gunung Patah.

>Tangga Seribu
Tangga Seribu yang berlokasi di Desa Linau, memiliki keindahan yang cukup memuaskan. Suasana tersebut bisa dinikmati oleh wisatawan dengan sambil duduk di ketinggian dari Tangga Seribu. Di tempat wisata di Bengkulu ini di bagian puncaknya, dulu merupakan benteng Belanda tapi tidak lagi menyisakan bekas benteng. Yang ada hanyalah gundukan sebagai simbol situs budaya peninggalan kolonial Belanda. Selain dipergunakan sebagai benteng untuk sistem pertahanan tentara Belanda, tapi juga sebagai tempat untuk memantau keluar masuknya kapal ketika itu. Tempat wisata ini terbilang baru, karena Tangga Seribu yang terletak di Desa Linau, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur ini belum terbilang ramai. Karena wisata Tangga Seribu baru di bangun.

>Benteng Linau
Desa Benteng Harapan Kecamatan Maje Kabupaten Kaur, merupakan tempat salah satu berlindung dan pertahanan bagi penjajah Belanda. Benteng ini dinamai ‘Benteng Linau’, yang terletak diatas perbukitan yang tidak jauh dari pemukiman warga yakni kurang lebih satu kilometer.Untuk menuju ke benteng yang telah dijadikan Cagar Budaya di Kabupaten Kaur ini, kita harus melewati tanga-tangga yang telah dibuat oleh tentara Belanda zaman dahulu, yang hingga saat ini tangga itu dinamai tangga seribu, karena jumlah mata tangganya yang banyak dan tidak bisa dihitung.

>Jill / Penjara jaman Belanda
Jill / Penjara jaman Belanda terletak di Muara Sahung, Kaur Tengah

>Lapangan Merdeka Bintuhan
Terletak di jantung Kota Bintuhan, Lapangan ini sudah terbentuk sejak zaman dahulu kala. Berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat ramai sering dilakukan di tanah lapang ini. “Tanah Lapang”, artinya tanah yang luas. Bintuhan terletak di daerah pesisir dataran rendah yang sangat luas, sehingga lapangan ini menjadi Tanah Lapang yang terluas yang pernah ada di daerah Bengkulu.

>Pondok Pusaka dan Taman Bineka
Kawasan Taman Bineka seluas 8 Ha dan areal Pondok Pusaka seluas 700 ha merupakan kawasan baru yang dibangun dalam pemerintahan Kabupaten Kaur di bawah ke pemimpinan DR Ir Hermin Malik Msc. Areal Taman Bineka ini terletak dipinggir jalur lintas Sumatra hanya 2 Kilometer dari Tanah lapang Bintuhan.

>Batu Cagak
Inilah kawasan yang merupakan situs peninggalan para leluhur atau Wali Allah yang sering digunakan masyarakat setempat untuk melakukan ritual kebudayaan yang sudah menjadi adat istiadat dari dulu. Di kawasan Batu Cagak ini terdapat ratusan bebatuan besar, seperti Batu Tapak Raden Alif, Batu Tapak Serunting Sakti, Batu Tapak Selurus Sakti, dan masih banyak lagi lainnya. Dan yang cukup unik adalah beberapa batu tersebut di puncaknya banyak ditumbuhi pepohonan atau tanaman hijau. Yang pasti tempat wisata di Bengkulu ini menjadi salah satu spot selfi terbaik ang ada di Kabupaten Kaur. Pada musim-musim tertentu cukup sering diadakan ritual di Batu Cagak yang lokasinya berada di Desa Batu Cagak yang masih di dalam Kecamatan Tetap.

>Bukit Raje Mendare
Ada pilihan lain jika ingin menikmati keindahan alam Kabupaten Kaur selain di puncak Gunung Patah, yakni Bukit Raje Mendare yang biasanya sebagai akses menuju puncak Gunung Raje Mendare. Berada di kawasan Hutan Lindung Raje Mendare, membuat petualangan kamu semakin berkesan. Kamu bisa menemukan berbagai macam flora dan fauan yang ada di hutan lindung. Mulai dari bunga Raflesia, Anggrek, Kantong Semar yang notabene semuanya sangat langka. Begitu juga dengan fauna langka lainnya, seperti Gajahh Sumatera, Harimau Sumatera, Beruang Madu, Rusa, dan beragam jenis burung. Itulah keindahan yang tersaji ketika kamu mengunjungi tempat wisata wisata di Bengkulu ini. Jadi tidak hannya pesona alam perbukitan dengan pepohonan nan hijau dan udara sejuk saja.

>Lubuk Bungin Tambun
Salah satu destinasi favorit bagi masyarakat Kabupaten Kaur adalah Lubuk Bungin Tambun. Inilah pemandian alami yang tidak hanya sekedar menyajikan kesegaran dan kejernihan air Sungai Padang Guci saja. Tetapi panorama sekitar pemandian, seperti tebing yang menjulang tinggi dan juga bebatuan yang ada di pinggir sungai menjadi view yang terlihat sangat natural. Airnya cukup dingin, jadi ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Bengkulu ini kamu akan benar-benar bisa merasakan sensasi bermandikan air Sungai Padang Guci yang tidak pernah kering ini. Lokasi Lubuk Bungin Tambun ini berada di Desa Bungin Tambun, yang masih di dalam Kecamatan Padang Guci Hulu.

Follow by Email
Facebook
Twitter
Instagram