Juni 13, 2019

Pariwisata

WISATA BENGKULU SELATAN

lubuk supit

Tempat wisata Lubuk Supit merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada di Kabupaten Bengkulu Selatan yang baru saja ditemukan. Sekarang ini tempat ini terus ramai dikunjungi wisatawan lokal. Alam Bengkulu Selatan ini rupanya menyimpan sejuta keindahan. Lokasi wisata alam yang menganggumkan dan sangat meakjubkan ini berada di Desa Sukarami Kecamatan Air Nipis yang diberinama Lubuk Supit. Diberi nama Lubuk Supit, karena tempat ini adalah sebuah lubuk kecil yang diapit batu cadas, sehinga jalur air yang lewat cukup sempi.

2. Pantai Pasar Bawah

Pantai Duayu Sekundang atau sering disebut Pantai Pasar Bawah merupakan Objek wisata Bengkulu andalan daerah Bengkulu Selatan yang terletak dalam wilayah kota Manna kurang lebih dengan jarak tempuh 2 km dari pusat kota, di sekitar pantai ini juga terdapat Kolam renang, lapangan Tennis dan TPI (tempat pelelangan ikan).

Pantai dengan gelombang sedang ini mempunyai daya tarik sendiri bagi wisatawan lokal dan Domestik, jadi bagi yang belum sampai kepantai ini pasti belum memasuki kawasan Kota Kenangan, dipantai ini selain indah disiang hari sore pun begitu indah saat mata hari terbenam, sunset yang memerah Berada  didepan kita.

Ini adalah salah satu Pantai yang beada di Bengkulu Selatan, masih banyak lagi pantai yang tidak kalah indahnya, namun kalau anda belum berkunjung kesini, sayang banget karena selain dekat dari kota, anda juga bisa disuguhi minuman yang segar dan makan khas yang begitu enak. selamt berkunjung

Alamat: Ps. Bawah, Ps. Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu.

3. Sungai Manna

Arung jeram merupakan perpaduan antara wisata dan olah raga. Mengarungi jeram di hulu Sungai Manna (sebelah Tenggara Gunung Dempo) sangat mengasyikkan dan sekaligus mendebarkan. Rafting, paling sering digunakan di Pelatihan dan Kejuaran  Sungai Manna yang membelah bagian Selatan Provinsi Bengkulu ini bagian hulunya berada di wilayah Sumatera Selatan. Kondisi geografis wilayah sebelah barat Sumatera Selatan yang berbatasan dengan Bukit Barisan, menjadi “surga” bagi Petualang yang suka dengan tantangan dan pengalaman baru. Sejumlah anak sungai yang berarus deras dan berjeram (white water) tersebar di berbagai lokasi.

Sungai Air Manna merupakan daerah aliran sungai yang masih alami, jernih dan belum tercemar oleh limbah. Lokasi sungai ini terpencil, jarang terdapat pabrik berlimbah kimia yang dialirkan di sungai ini. Selain hal tersebut, menurut penduduk sekitar, sungai ini memang jarang sekali dipakai untuk kegiatan arung jeram yang besar seperti Rafting Course and fun rafting 2006 yang diselenggarakan oleh Mapetala Universitas Bengkulu. Karena memang arung jeram sendiri belum begitu popular di daerah ini. Terbukti dengan belum adanya operator arung jeram sehingga untuk menunjang kegiatan ini masih sulit dan masih sangat sedikit OPA (Organisasi Pecinta Alam) yang mempunyai divisi arung jeram.

Sungai ini tepatnya berlokasi di Dusun Air Tenam, Desa Batu Aji, Kecamatan Hulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu.

4. Air Terjun Tiga Tingkat

Disebut Air Terjun Tiga Tingkat karena objek wisata itu memang berupa air terjun yang terdiri dari tiga tingkat. Tingkat pertama dengan ketinggian sekitar 10 meter, tingkat kedua 20 meter dan tingkat ketiga sekitar 30 meter. untuk sampai ke lokasi air terjun pengunjung masih harus berjalan kaki menyusuri Sungai Sempiang. Dari Desa Air Tenam jaraknya sekitar 3-4 km atau satu jam perjalanan kaki. Artinya, butuh waktu 2-3 jam jika perjalanan dimulai dari Kota Manna menggunakan kendaraan bermotor.

alamat: Desa Air Tenam, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan.

5. Meriam “Honisuit”

Meriam ” Honisuit ” adalah peninggalan Inggris pada masa pendudukan di Kota Manna Bengkulu Selatan jenis meriam ini hanya satu satunya dan terbesar yang ada di Indonesia, panjang laras 3,4 m, panjang .dapur mesiu 2,5 m. diameter 90cm lokasi pertama ini meriam berada di sekitar pantai pasar bawah, sekarang sudah di pindahkan di Padang panjang, di pintu masuk Kota Manna .

6. Bendungan Air Nipis

Sebelum bertemu dengan Bendungan Air Nipis, anda akan melewati sebuah bendungan yang merupakan anak dari Bendungan Sungai Nipis, yaitu Bendungan Babatan. Objek wisata Bendungan air nipis adalah sebuah bendungan yang dijadikan tempat kunjungan wisata di Bengkulu Selatan, Bendungan yang dibangun tahun 1986 ini menjadi sasaran kunjungan wisatawan lokal dan memiliki potensi pariwisata yang baik dengan pengolahan yang baik pula tentunya.

Alamat: Sukarami, Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu.

7. Air Terjun Geluguran

Terjun Geluguran ini terletak di desa Pino,kecamatan ulu manna kabupaten Bengkulu Selatan, kira-kira dari kota mana 45 menit dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. biasanya tempat ini banyak didatangi anak muda dan para orang tua juga pada musim liburan.untuk melepas lelah.Tempat wisata air terjun geluguran persis di pingir jalan raya yang menghubungkan kota manna ke pagar alam besemah. pengunjung juga bisa mandi disini yang airnya sendiri tidak terlalu dalam sekitar +-2m kedalamannya.

8. Pantai Muara Kedurang

Merupakan salah satu Pantai yang menjadi salah satu obyek wisata andalan di kabupaten Bengkulu Selatan. Letaknya persis di jalur simpang tiga antara Kota Manna Bengkulu selatan, Jalur lintas barat Sumatera ( arah Padang Guci ) dan wilayah Kedurang.

Alamat: Tanjung Aur, Bunga MAS, Tj. Aur, Bunga MAS, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu.

9. Goa Suluman Kedurang

Objek wisata ini berbentuk gua ini terkenal dengan nama Suluman Ulu Kedurang,letaknya persis di hulu sungai Kedurang, tepatnya di Desa Batu Ampar. Tempat ini baru dapat di capai setelah separuh perjalanannya kita lalui dengan angkutan umum sampai desa Palak Siring kemudian dianjutkan dengan berjalan kaki menuju desa Batu Ampar.

10. Tebat Rukis

Tempat ini sudah sangat bersahabat sekali dengan penduduk setempat. Letaknya di pinggir jalan raya sangat mudah dijumpai. Tebat Rukis menyajikan ketenangan terlebih lagi tepat bersebelahan dengan Masjid Rukis.

Tempat ini adalah taman rekreasi yang menyajikan spot foto yang sangat menarik. Pasalnya terdapat jembatan yang menghubungkan ke seberang dari pinggir kolam raksasa ini. Di jembatan inilah pengunjung kerap kali mengabadikan foto dengan berbagai gaya. Potret keindahan kota Manna ini juga masuk dalam potensi wisata di kabupaten Bengkulu Selatan menurut Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkulu Selatan. Hal ini menjadi PR besar bagi warga kota Manna dan setiap pengunjung untuk menjaga keindahan Tebat Rukis.

Alamat: Tj. Mulia, Ps. Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu.

11. Bengkenang Beach

Pantai Bengkenang yang ada di Bengkulu Selatan, tepatnya di Desa Bengkenang Kecamatan Manna ini kini telah dirubah menjadi tempat wisata kekinian yang ramai pengunjung. Mulai dari anak-anak, remaja, kalangan dewasa, dan keluarga-keluarga pun kini banyak yang menikmati pemandangan di Pantai Bengkenang ini.

Alamat: Tj. Besar, Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu.

12. Pantai Tumbuk Tebing

Alamat: Tumbuk Tebing, Bunga MAS, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu.

13. Danau Kwutan Serunting

Dengan luas 30 hektare yang dikelilingi vegetasi tanaman hutan tropis, Danau Kawutan Serunting memiliki potensi kekayaan flora dan fauna yang menawan.

Akses menuju danau ini dapat ditempuh melalui jalur darat menggunakan mobil ataupun sepeda motor, waktu tempuh dari ibukota kabupaten sekitar 40 menit.

Danau Kawutan Serunting sangat cocok untuk tempat wisata dayung, rakit, memancing dan berkemah.

Alamat: Muara Danau, Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu.

14. Lubuk Nik Dayu

Alamat: Air Nipis, desa, Darat Sawah, Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu.

15. The Badas

the badas merupakan salah satu tempat wisata yang sudah cukup terkenal di bengkulu selatan. tempat yang menyajikan pemandangan indah serta kuliner yang nikmat ini sangat banyak sekali dikunjungi wisatawan baik untuk berfoto selfie, mencicipi kuliner maupun hanya untuk duduk bersantai bersama teman dan keluarga.

 

 

Follow by Email
Facebook
Twitter
Instagram